Kenali Alat Cetak Baju Yang Harus Diketahui

Sablon manual atau screen printing atau cetak saring merupakan salah satu metode mencetak gambar, tulisan, pewarnaan dan sejenisnya. Screen printing atau sablon manual cara cetak baju ini ialah cara yang paling sederhana akan tetapi jika dalam pengerjaannya telah melalui tahapan-tahapan yang benar dan penuh ketelitian akan menghasilkan sebuah hasil yang bagus atau sebanding dengan hasil pabrikan. Karna hanya terdapat sedikit perbadaan antara sablon manual home industri dengan pabrik besar. Prinsip percetakan atau tahapan-tahapannyapun sama yang membedakan hanya kapasitas produksinya saja. Screen Printing atau biasa kita sebut sebagai cetak saring atau yang lebih populer dengan sebutan sablon manual. Mendengar kata manual mungkin yang ada difikiran kita adalah cara-cara yang sudah tertinggal dan tidak modern. Seiring perkembangan jaman dengan tehnologi yang semakin canggih dan segala hal-hal yang memudahkan pekerjaan telah banyak kita jumpai didalam industri modern sekarang ini. Begitu juga halnya dalam proses pewarnaan pada textile.

Screen sendiri merupakan salah satu alat yang sudah pasti digunakan dalam proses sablon. Screeen ditujukan untuk pembentukan karakter hasil sablon misalnya tipis atau tebalnya cat atau juga detail pada suatu gambar. Biasanya bagi seorang sabloner yang sudah berpengalaman pasti mudah untuk memilih screen yang cocok dengan gambar (artwork). Bingkai Screen, pada cetak baju adalah jenis T48, T54, T61 dan T77.T90 dan seterusnya. Pengenalan screen secara baik akan berpengaruh terhadap cetakan. Dalam proses pencetakan yang bagus sudah tentu memerlukan alat –alat yang bagus pula guna mengahsilkan sablon yang bagus.

Jika ditanyakan keharusan memiliki meja yang bagus dan baik jawabanya adalah ya. Jika ingin meproduksi dalam jumlah besar tentu harus mendapatkan hasil yang konsisten diumpamakan jika hasil sablon pertama dengan hasil sablon ke100 tidak berubah dalam bentuk, posisi, ketebalan. Banyak sekali yang menjual meja pendukung sablon dengan berbagai bentuk dan cara penggunaan. Tetapi satu hal yang harus diperhatikan yang terutama adalah ketelitian (Presisi). Tidak harus membeli meja mahal bahkan jika anda sudah mengerti dan faham tentang fungsi meja sablon anda bisa membuatnya sendiri. Meja frame ,meja catok,meja rel,rotary dll adalah contoh meja printing baju yang biasa digunakan para sabloner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *