Fungsi Pankreas dan Masalah Kesehatan yang Dapat Dipengaruhinya

Pankreas atau pancreas merupakan salah satu organ yang ada di dalam tubuh manusia. Sering dikaitkan dengan hati karena letak pancreas yang memang dekat dengan organ hati. Nama pancreas memang tidak setenar hati, ginjal ataupun jantung akan tetapi fungsinya juga tidak kalah penting dari organ lainnya. Jika pancreas mengalami masalah kesehatan, juga dapat berpengaruh terhadap kerja organ dan sistem metabolisme manusia sehingga kesehatannya perlu dijaga. Apa sih sebenarnya fungsi pancreas dan apa saja masalah kesehatan yang dapat dipengaruhi oleh pancreas ini?

Organ yang berbentuk memanjang dengan ukuran 18 hingga 25 cm ini memiliki dua fungsi utama yaitu sebagai kelenjar endokrin dan kelenjar eksokrin. Berikut ini adalah pengertian dari kedua jenis kelenjar di pancreas:

  1. Kelenjar endokrin.
    Kelenjar endokrin berfungsi untuk menghasilkan hormon-hormon dan mengalirkan produknya ke peredaran darah. Hormon yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin yaitu hormon insulin dan hormon glukagon. Kedua hormon yang dihasilkan ini berhubungan satu sama lain untuk menjaga kadar gula dalam darah.
    Hormon insulin berfungsi mengikat gula di dalam darah dan mengubahnya menjadi gula otot untuk diedarkan ke seluruh tubuh sebagai sumber tenaga. Gula otot akan digunakan saat tubuh memerlukan tenaga namun tak ada sumber tenaga lainnya. Sedangkan jika darah berada pada saat kekurangan gula atau gula darah rendah, sebaliknya, hormon glukagon akan memecah kembali gula otot menjadi gula darah.
  2. Kelenjar eksokrin.
    Kelenjar eksokrin memproduksi enzim-enzim pencernaan. Berbeda dengan kelenjar endokrin yang mengeluarkan produk hormonnya melalui peredaran darah, enzim dari kelenjar eksokrin memiliki salurannya tersendiri. Enzim pencernaan disalurkan melalui saluran cerna dengan memiliki fungsinya masing-masing. Sebagai contoh, enzim lipase memiliki fungsi mengurai lemak, enzim amilase mengurai karbohidrat dan enzim tripsin untuk mengurai protein.

Fungsi pancreas yaitu mengeluarkan hormon dan enzim tersebut di atas akan sangat berpengaruh pada fungsi dari hormon dan enzim tersebut. Misalnya jika pancreas mengalami kerusakan sehingga tidak dapat memproduksi hormon insuline dengan cukup pasti akan terjadi timbunan gula di dalam darah yang menyebabkan penyakit diabetes. Secara lebih detail, berikut ini adalah beberapa gangguan kesehatan yang dapat ditimbulkan jika pancreas mengalami gangguan:

  1. Diabetes.
    Penyakit diabetes erat kaitannya dengan hormon insulin tubuh. diabetes tipe 1 terjadi akibat sistem imun menyerangnya, sehingga tidak memproduksi insuline dengan cukup. Sedangkan diabetes tipe 2, tubuh mengalami resistensi insuline sehingga gula darah tidak bereaksi terhadap insulin.
  2. Peradangan.
    Penyakit ini diakibatkan meradangnya sebagian atau keseluruhan organ pancreas yang membuatnya tidak maksimal dalam melakukan fungsinya. Penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti namun disinyalir erat kaitannya dengan kebiasaan konsumsi alkohol.
  3. Kanker.
    Penyakit kanker pancreas dipicu oleh tumbuhnya sel abnormal dalam organ pancreas atau dari kanker hati yang bermetastasis.

Pankreas meski tidak sepopuler organ lainnya namun memiliki fungsi yang tak kalah fital dengan organ lain. Karenanya kesehatan pancreas harus dijaga dengan memperhatikan kebiasaan baik dan meninggalkan kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk yang perlu dihindari untuk menjaga pancreas antara lain adalah minum minuman keras, merokok dan memiliki obesitas. Sedangkan bagi Anda yang saat ini memiliki masalah dengan pancreas, dapat melakukan tindakan pengobatan sesuai kondisi misalnya dengan melakukan suntik insulin, pemberian enzim, transplantasi sel islet hingga operasi untuk mengangkat kista dan sel kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *