Ciri Atau Karakteristik Dangdut Koplo

Image result for dangdut koplo muslimah

Ada banyak jenis musik yang tenar di tanah air kita ini, mulai dari mellow, slow, pop, melayu, dan sebagainya. Tidak lupa juga jenis musik lagu dangdut yang tentunya menjadi musik yang khas dari Indonesia itu sendiri. Sekarang ini sedang hits musik lagu dangdut koplo yang penyanyinya sudah banyak yang terkenal. Saat Anda mendengar aliran jenis musik seperti musik lagu dangdut koplo ini, mungkin langsung membuat kita berpikir mengenai beberapa penyanyi musik lagu dangdut koplo yang terkenal. Kita bisa menyebut penyanyi seperti Nella Kharisma dan juga Via Vallen yang saat ini sudah naik daun karena menyanyikan beberapa musik lagu dangdut koplo. Bagi Anda yang inign mengetahui apa asal dari musik lagu dangdut koplo, berikut ulasannya.

Asal musik lagu dangdut koplo ini yaitu dari orkes khas melayu, lagu atau musik dangdut itu sendiri pada umumnya dipengaruhi musik India lewat berbagai film-film dari India. Tapi ada yang membuat musik lagu dangdut koplo ini unik. Ada beberapa hal yang menjadi karakteristik dari musik lagu dangdut koplo ini. Salah satu ciri khas musik lagu dangdut koplo yang mengena di telinga masyarakat yaitu tabuhan gendangnya. Disamping dari irama gendangnya, musik lagu dangdut koplo tentunya tidak lengkap jika tanpa adanya sorakan usil di sela-sela atau tengah lagu. Pada beberapa musik lagu dangdut koplo termasuk musik lagu dangdut koplo jawa, para penyanyi ataupun pemain instrumen/ alat musik biasanya menyambar dengan berkata seperti “ea ea eaa”, “dhum plak ting tik joss” dan beberapa kata lainnya.

Dapat dibilang sorakan tersebut merupakan identitas musikal pada musik lagu dangdut koplo ini. Dari kata-kata yang disampaikan dalam bentuk senggakan/ sorakan tersebut bermakna lebih alami dan juga lebih transparan. Sorakan pada musik lagu dangdut koplo tersebut merupakan bentuk dri ekspresi kebebasan. Dengan adanya senggakan pada musik lagu dangdut koplo tersebut juga dapat menjadi wujud dari pentas pertunjukan yang bersifat partisipatoris. Dengan begini, maka para penonton dan juga pemain seakan tak ada jarak, tak ada perbedaaan, dan juga mereka saling berinteraksi dengan merespons kegiatan yang ada.

Penyanyi musik lagu dangdut koplo biasanya tampil di panggung dengan menanyakan yanga mana judul lagu dangdut atau pop yang diinginkan, lalu penyanyi juga mengajak penonton bernyanyi. Selain itu, para penyanyi musik lagu dangdut koplo tidak jarang juga menggoda penonton untuk ikut bergoyang. Sedangkan para pemusik juga tentunya melihat joget dari para penonton, saat joget tersebut sudah berlangsung, hentakan dan juga kadang-kadang tempo akan semakin diklimakskan. Hal tersebut didukung dengan iringan alunan musik lagu dangdut koplo yang semakin semangat dan juga cepat.

Dengan begitu, maka para penonton bisa semakin asyik goyangannya saat mendengar musik lagu dangdut koplo tersebut. Tidak heran kalau musik lagu dangdut koplo ini dijadikan iringan musik pada banyak acara atau kegiatan musik. Seringkali kita melihat konser dangdut bukan? Untuk memeriahkan para penonton, maka disajikan musik lagu dangdut koplo yang sedang tenar dan tentunya sangat menghibur. Biasanya pemain instrumen pada musik lagu dangdut koplo ini cukup lengkap seperti suling, gitar elektrik, bass, drum, gendang, keyboard, dan berbagai alat instrumen lainnya. Sering juga alat instrumen tradisional dipakai pada pementasan musik lagu dangdut koplo tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *