Alat dan Bahan Membuat Batik Tulis

Batik tulis adalah salah satu warisan leluhur yang saat ini mulai tergeser oleh perkembangan teknologi. Adanya teknik cap dan printing yang lebih cepat dalam jmlah produksinya sehingga para produsen batik mulai meninggalkan batik tulis. Tapi tahukah anda jika batik tulis adalah jenis batik yang harganya relatif lebih mahal dari lainnya? Jika anda ingin belajar membuat batik tulis siapkan peralatan dan bahan berikut, siapa tahu anda akan menjadi pembatik profesional.

  1. Sehelai kain putih

Saat ini anda dapat dengan mudah mendapatkan kain putih dengan harga yang terjangkau. Jenis kain ini dapat digunakan pun beraneka ragam, mulai jenis kain mori sampai jenis sutera. Ukurannya pun tak harus lebar, hanya dengan ukuran kecil.

  1. Canting

Canting ini berfungsi semacam pena yang diisi lilin malam cair sebagai tintanya. Bentuk dari canting beraneka ragam, dari yang berujungg satu sampai beberapa ujung. Canting juga memiliki beberapa ujung berfungsi untuk membuat titik dalam sekali sentuhan. Sedangkan untuk canting yang berujung satu berfungsi untuk membuat garis, lekukan dan sebagainya.

  1. Lilin malam dan pemanas

Lillin malam harus dicairkan lebih dulu dengan cara dipanaskan di atas kompor atau pemanas lain. Lilin malam dalam proses pembuatan batik tulis berfungsi untuk menahan warna agar tidak masuk ke dalam serat kain di bagian yang tidak dikehendaki. Sedangkan bagian yang akan diwarnai dibiarkan tidak ditutupi lilin.

  1. Pewarna batik

Tiap daerah menggunakan pewarna batik tulis yang berbeda-beda. Pewarna juga  berasal dari bahan-bahan yang terdapat di daerah tersebut. Misalnya di Kebumen, pewarna batik yang digunakan adalah pohon tom, pohon pace dan mengkudu yang memberi warna merah kesemuan kuning. Sedangkan di Tegal digunakan pace atau mengkudu, nila, dan soga kayu.

  1. Primissima

Kata ‘Primissima’ ini mungkin berasal dari kata prima yang artinya kelas satu. Mori yang paling halus ini seringkali digunakan untuk membuat batik tulis, jarang digunakan untuk batik cap. Dan mori golongan ini dulu diimport dari Belanda dan Jepang. Sejak 1970 di Indonesia sudah  didirikan pabrik yang memproduksi yang kualitasnya hampir mendekati golongan Primissima.

Beli Baju Batik dan kain batik berkualitas dengan harga terjangkau di https://batik-s128.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *