7 Makanan yang Cocok untuk Mengatasi Diare Pada Anak

Tubuh anak balita akan cepat lemas ketika diare karena terlalu banyak kehilangan cairan. Bahkan tubuh anak juga kesulitan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Walaupun sebagian besar diare pada anak tidak berbahaya, Anda harus memberikan asupan makanan yang tepat. Berikut makanan yang cocok untuk anak yang sedang diare.

Pisang

Pisang mengandung potassium dan prektin yang dapat mengisi ulang elektrolit penting yang banyak hilang dari tubuh anak ketika mengalami diare. Buah pisang juga memiliki tekstur yang lembut serta mudah dicerna oleh usus balita yang keadaannya sangat sensitif pada saat diare. Pisang juga dapat memenuhi kebutuhan serat untuk memadatkan feses.

Nasi Putih

Pada saat diare, nasi putih akan membantu mengikat makanan dalam saluran pencernaan pada anak. Hal tersebut akan membantu diare pada anak cepat reda. Kelebihan lainnya adalah nasi putih mudah diolah dan cenderung tidak akan menimbulkang reaksi alergi.

Sayuran Kukus

Anda bisa memberikan sayuran seperti kacang polong, jamur, bit, asparagus, dan wortel kepada balita ketika menderita diare. Sayuran tersebut kaya akan gizi dan nutrisi. Selain itu, juga sayuran tersebut mengandung serat tidak larut yang dapat membantu memadatkan feses saat balita diare. Namun, Anda tidak bisa memberikan sayuran tersebut kepada balita penderita Crohn’s disease.

Pasta

Pasta juga bisa Anda berikan kepada balita yang menderita diare. Pasta tentunya akan mengenyangkan anak dan dalam pasta sendiri mengandung pati yang membantu memadatkan makanan dalam saluran pencernaaan buah hati Anda. Namun, Anda harus menghindari penyajian pasta dengan keju atau tomat karena akan memperparah diare pada anak balita.

Kentang

Kentang mengandung banyak pati dan serat yang bisa menjadi alternatif makanan anak balita. kentang juga membantu mengurangi gejala diare pada anak balita sekaligus mempercepat masa pemulihannya. Anda bisa memasak kentang dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang sebelum diberikan kepada buah hati Anda.

Yogurt yang Diperkaya dengan Probiotik

Mengkonsumsi yogurt yang kaya akan lactobacillus acidophilus dan bifidobacterium bifidum dapat memabntu menyeimbangkan bakteri baik yang selama diare banyak berkurang dalam saluran pencernaan. Dengan mengonsumsi yogurt juga dapat meredakan gejala diare pada anak balita.

Biskuit Asin

Camilan ringan seperti biskuit asin dapat membantu meingkatkan kadar sodium dalam tubuh balita. Biskuit asin akan membantu menahan air dalam tubuh sehingga buah hati Anda tidak cepat mengalami dehidrasi. Sebagai sumber sodium, Anda juga bisa memberikan sup bening, kaldu, minuman elektrolit, dan pretzel.

Itulah makanan yang cocok dan pilihan terbaik untuk mengatasi diare pada anak. Sebaiknya Anda juga menghindari memberikan makanan yang dapat membuat gejala diare semakin parah seperti makanan yang mengandung gula tinggi. Kunjungi situs resmi ORAMI di www.orami.co.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *