Ragam Motif Batik Tulis Solo

Solo adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang masih termasuk dalam Karesidenan Sukarta, Kota ini dikenal masih lekat dengan kebudayaan Jawa. Selain kebudayaan Jawa yang masih kental, Kota Solo juga terkenal dengan ikon batiknya. Motif batik tulis Solo yang dihasilkan sangatlah beragam dan mempunyai ciri khas masing – masing, bahkan memiliki makna yang berbeda – beda di setiap motifnya. Jika anda pergi ke Kota Solo ini, tidak lengkap jika anda tidak mengunjungi wisata batik Solo yang menjadi ciri khas Kota ini. Anda bisa mengunjungi wisata batik di Kampung Batik Laweyan atau juga di kawasan Kampung Batik Kauman. Di Kampung Laweyan inipusat kegiatan batik tulis bermula, sehingga kegiatan membatik di kampung ini sudah menjadi budaya dan kegiatan sehari – hari bagi masyarakat di kampung ini.

Sudah banyak diketahui bahwa batik dan segala motif serta bentuknya adalah identitas bangsa Indonesia. Pada jaman keraton, kegiatan membatik adalah mata pencaharian bagi wanita – wanita Jawa di jaman itu. Bahkan pada saat itu, kegiatan membatik di lingkungan keraton merupakan salah satu kegiatan yang eksklusif. Baik tulis Solo memliki ciri khas baik proses dan motif – motifnya. Bahan pewarna yang dipakai untuk membatik di ambil dari bahan alam yaitu soga. Motif batik sidomukti dan sido luruh merupakan beberapa contoh motif batik Solo yang terkenal. Setiap motif batik memiliki maknanya tersendiri.

Beberapa motif batik tulis Solo yang terkenal antara lain, motif parang kusumo, motif sidomukti, motif kawung, dan motif jenis sawat, motif batik sidomukti. Berikut ini merupakan makna dari beberapa motif batik Solo:

  • Motif Sidomukti
    Batik Solo Motif sidomukti ini sering digunakan dalam acara pernikahan adat Jawa. Makna dari motif ini merepresentasikan harapan untuk semua orang yang memakainya memiliki kehidupan penuh kebahagiaan yang berkesinambungan serta selaras dengan rejeki yang cukup dan tidak pernah putus.
  • Motif Parang Kusumo
    Arti dari motif ini adalah binga yang sedang mekar. Batik motif parang kusumo biasa dipakai oleh wanita pada saat prosesi tukar cincin. Dengan begitu, maknanya wanita tersebut sudah siap untuk menikah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *