Kerugian Gestun

Gestun adalah aksi menarik sejumlah uang dengan cara menggunakan kartu kredit di merchant tertentu yang menyediakan layanan tersebut. Praktik ini biasanya dilakukan untuk orang – orang yang mempunyai kartu kredit dan ingin mendapatkan uang tanpa harus tarik tunai. Penyedia jasa gestun harus mempunyai mesin EDC (Electronic Data Capture) , yang dapat membuat transaksi tersebut seolah – olah terjadi. Seperti membeli suatu barang kemudian pembayaran dilakukan dengan kartu kredit tetapi barang yang dimaksud disini tidak ada.

Praktik gestun tergolong jauh lebih rendah jika dilihat dari biaya yang harus dibayarkan. Karena biaya administrasi setiap penarikan tidak terlalu tinggi karena penarikan melalui gestun dianggap transaksi ritel. Selain itu Anda juga dapat sekali melakukan penarikan samai batas limit. Ini yang membuat masayarakat suka menggunakan fasilitas ini.tetapi Anda perlu waspada terhadap penggunaan gestun.

Jika Anda selama ini sering menggunakan fasilitas gestun kartu kredit, ada beberapa hal yang harus Anda waspadai. 3 hal kerugian penggunaan gestun :

  1. Risiko Kredit Macet

Hal pertama yang perlu Anda waspadai adalaha risiko kredit macet. Risiko ini daat terjadi Ketika Anda daat menggesek tunai sampai batas maksimal limit kartu Anda sementara Anda tidak memiliki dana untuk segera membayarnya.  Yang lebih membahayakan keika tagihan dari gesek tunai kartu tersebut, Anda hanya membayar minimal, sehingga dana yang kamu manfaatkan terus berbunga dan nasabah akhurnya terlilit hutang tanpa ada akhirnya. Ini yang perlu Anda antisipasi dan waspadai

  1. Risiko Tinggi Masalah Pencucian Uang

Hal selanjutnya yang perlu Anda waspadai adalah risiko tinggi masalah pencucian uang (money laundering). Dari keunggulan gesek tunai dapat dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menyalurkan dana hasil tindak pidana kepada nasabah melaui gesek tunai.

  1. Penyalahgunaan Manfaat Utama Kartu Kredit

Hal terakhir yang perlu Anda waspadai adalah penyalahgunaan manfaat utama kartu kredit. Tujuan utama menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran bukan untuk menarik uang tunai dengan mudah. Inilah yang disebut penyalahgunaan manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *