Kaum Wanita Harus Tahu! Inilah 3 Cara Yang Benar Dalam Menghitung Usia Kehamilan

Seperti yang kita ketahui, bahwa bisa hamil dan melahirkan seorang anak merupakan hal yang paling di dambakan oleh setiap pasangan suami istri. Ya, kebahagian para pasangan suami istri memang bisa dikatakan belum sempurna, apabila dalam hubungan berumah tangganya belum dikarunai seorang anak. Saat hamil, tak sedikit orang-orang sekitar yang menanyakan tentang usia kehamilan kita. Akan tetapi, tak sedikit juga dari kita yang kerap kebingungan saat akan menjawab tentang usia kehamilannya. Lantas, bagaimana cara menghitung usia kehamilan? Tenang, anda tidak perlu khawatir, karena di bawah ini ada 3 cara yang benar dalam menghitung usia kehamilan secara tepat :

1. Menggunakan Kalkulator Kehamilan

Cara pertama yang harus anda lakukan dalam menghitung usia kehamilan secara tepat, yakni dengan menggunakan kalkulator kehamilan. Bahkan, kini sudah hadir beberapa jenis kalkulator kehamilan secara online. Disini anda harus mengisi beberapa data mulai dari HPHT ( hari pertama haid terakhir ), dan sirkulasi menstruasi yang biasa anda dapatkan. Jika sudah selesai mengisi datanya, maka kalulator tersebut akan memberikan jawaban tentang usia kehamilan anda.

2. Lakukan Tes HCG

Cara kedua yang harus anda lakukan untuk menghitung usia kehamilan secara tepat, yakni dengan melakukan tes HGC ( Human chorionic gonadotropin ). Tes ini melalui pengambilan sampel urine dan darah pada ibu hamil. Jika didalam urinenya ditemukan HCG, maka usia kehamilan anda sudah memasuki 3 – 4 minggu. Begitu juga dengan sampel darah, apabila didalam sampel darahnya terdapat HCG, maka usia kehamilan anda sudah memasuki 3 – 4 minggu.

3. Lakukan Pemeriksaan USG

Cara ketiga yang harus anda lakukan untuk menghitung usia kehamilan secara tepat, yakni dengan melakukan pemeriksaan USG. Periksakan diri anda ke dokter kandungan yang sudah profesional, dengan perkiraan usia kehamilan yang diprediksi dapat dilakukan dalam waktu 5 – 6 minggu setelah periode menstruasi terakhir. Di samping itu, usia kehamilan juga bisa melalui USG saat usia janin sudah memasuki usia 8 minggu – 18 minggu. Akan tetapi, metode ini hanya akurat untuk siklus menstruasi yang tidak teratur saja. Dan yang perlu anda ketahui, bahwa pemeriksaan USG ini tidak dapat menghitung secara tepat jika dilakukannya saat pertengahan kehamilan.

Itulah 3 cara yang harus anda lakukan untuk menghitung usia kehamilan secara tepat. Selain itu, anda juga jangan sampai lupa untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *