Ini Dia Cara Mudah dalam Melakukan Service Genset 24 Jam Secara Manual

Listrik sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditawar lagi oleh masyarakat. Hal ini lantaran segala sesuatu kini seolah sudah terhubung dengan listrik. Namun bagaimana jika listrik tiba-tiba mendadak mati? Tentu banyak sekali aktivitas yang tidak akan bisa berlanjut karenanya bukan? Itulah mengapa kini di beberapa lokasi penting seperti perkantoran, rumah sakit dan lainnya sudah banyak dipasang genset yang bisa menjadi sumber daya listrik cadangan. Agar performa genset ini bisa maksimal, maka perawatan pun amat diperlukan. Kini sudah banyak tersedia jasa service genset 24 jam yang siap sedia membantu.

Namun jika memang genset bermasalah dan Anda ingin mencoba service sendiri secara manual, maka berikut ini beberapa tipsnya:

1. Service dalam kondisi genset mati

  • Pertama bersihkan body eksternal pada genset dari debu dan kotoran sehingga sirkulasi udara di sekitarnya tidak terganggu.
  • Bersihkan juga genset dari kebocoran pada oli mesin, air radiator atau rembesan solar. Jangan lupa bersihkan saringan udara jika memang sudah berdebu.
  • Selanjutnya buka saringan udara lalu semprot dengan angin dari kompresor.
  • Cek juga bagian air radiator dan tambah air jika dirasa kurang airnya. Pastikan airnya bersih.
  • Cek juga bagian kabel power serta tingkat kekencangannya.

2. Service dalam kondisi genset hidup tanpa ada beban listrik

  • Pertama hidupkan genset tanpa beban listrik dan lanjutkan dengan cek putaran pada mesin. Jika stabil maka semuanya sudah cukup bagus, namun jika dirasa kurang stabil maka Anda bisa ganti saringan solar.
  • Cek voltage dan untuk angka normal sekitar 220 Volt.
  • Cek juga bagian indikator tekanan minyak, temperatur air hingga pengisian ACCU baterai.
  • Yang perlu dicatat, apabila genset hidup tanpa beban, maka jangan terlalu lama yaitu maksimal 30 menit saja.

Memang perawatan genset ini tidak mudah, apalagi bagi mereka yang kurang mengerti mesin. Namun tak perlu khawatir karena kini sudah ada Sewatama yang menyediakan jasa maintenance trafo dan service genset 24 jam sehingga sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi untuk dicek kondisi gensetnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *