Ini Dia 3 Tugas Yang Harus Diterapkan Pada Seorang Kapten Dalam Sebuah Tim Sepak Bola

Seperti yang kita ketahui, bahwa sepak bola merupakan salah satu jenis olahraga yang paling terkenal di dunia diantara jenis olahraga lainnya. Hal itu bisa kita lihat dari antusiasme para suporter, yang selalu memadati stadion untuk mendukung tim kesayangannya berlaga. Saking populernya, sepak bola ini selalu menjadi trending topic dalam berita olahraga.

Sebuah tim sepak bola itu sendiri terdiri dari 11 pemain, dimana akan ada 1 pemain yang bertindak sebagai seorang jendral alias seorang kapten. Tugas yang berat memang akan di bebankan pada El Capitano. Pasalnya, selain menjalankan kewajibannya sebagai pemain sepak bola, sang kapten juga harus pandai melihat situasi pasukannya dalam berlaga. Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang tugas El Capitano, mari sama-sama kita simak ulasannya di bawah ini mengenai 3 tindakan yang harus diterapkan pada seorang kapten dalam sebuah tim sepak bola :

  1. Menenangkan Rekan-rekannya

Sebuah pertandingan Big Match memang akan menyajikan pertarungan yang sengit, dengan tensi yang tinggi. Bahkan, pertandingan Big Match ini kerap menjurus ke permainan yang keras dan tak jarang berakhir dengan aksi adu jotos antar pemain. Tentu saja dalam hal ini tugas seorang kapten sangat diperlukan, dimana ia harus bisa menenangkan rekan-rekannya agar tidak terprovokasi oleh tindakan lawan. Dengan begitu, maka situasi didalam lapangan pun akan kembali kondusif.

  1. Harus Bijaksana

Kebijaksanaan seorang kapten biasanya akan teruji, ketika ada keputusan dari wasit yang kontroversi dan merugikan timnya. Tugas sang kapten tentu harus bijaksana dalam menerima keputusan tersebut, dan melerai rekan-rekannya untuk tidak emosi secara berlebihan kepada sang pengadil lapangan.

  1. Harus Bisa Memotivasi

Tugas berikutnya dari seorang kapten dalam sebuah tim sepak bola, yakni harus pandai memotivasi pasukannya. Ketika tim nya kemasukan gol oleh lawan, tentu mental seluruh pemain akan mengalami dawn. Dari sinilah tugas seorang kapten sangat dibutuhkan, dimana ia harus bisa memotivasi rekan-rekannya untuk bangkit dan mengejar ketertinggalan defisit gol. Bahkan, tak jarang ada tim yang bisa berbalik unggul berkat motivasi dari sang El Capitano.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 3 tugas seorang kapten dalam sebuah tim sepak bola. Dengan keterbatasan waktu yang tersedia, mungkin perjumpaan kita hanya cukup sampai di sini saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *