Cara Refund Tiket Kereta Api Agar Biaya Kembali

Liburan akan tiba sebentar lagi, semua rencana telah disusun dengan matang. Termasuk pembelian tiket kereta api untuk berangkat menyambangi destinasi wisata tujuan. Jika dihadapkan pada situasi seperti ini tentu Anda akan sedikit kecewa. Selanjutnya, Anda pasti akan berusaha untuk melakukan refund tiket yang telah terlanjur dibeli. Hal ini Anda lakukan untuk mengambil kembali uang yang telah dibayarkan. Anda dapat melakukan refund tiket dengan menerapkan langkah-langkah berikut ini.

Prosedur lengkap refund tiket

 

  1. Datang langsung ke Stasiun Kereta Api

Refund tiket kereta api tidak dapat Anda lakukan dengan sistem online, maka sebaiknya datangi langsung stasiun kereta api-nya. Namun, berdasarkan informasi terbaru yang dirilis oleh PT. KAI bahwa tidak semua stasiun melayani proses refund tiket. Berikut adalah daftar stasiun di area Sumatera dan Jawa yang melayani refund tiket.

  • Divre 1 Sumatera Utara: Medan, Tebingtinggi, Siantar, Tanjungbalai, Kisaran dan Rantauprapat.
  • Divre II Sumatera Barat: Padang.
  • Divre III Sumatera Selatan: Kertapati, Prabumulih, Lubuklinggau, Baturaja, Kotabumi, Tanjungkarang.
  • Daop 1 Jakarta: Serang, Rangkasbitung, Gambir, Pasar Senen, Bogor,Bekasi, Cikampek.
  • Daop 2 Bandung: Purwakarta, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar.
  • Daop 3 Cirebon: Cirebon, Cirebon perujakan, Jatibarang, Brebes.
  • Daop 4 Semarang: Tegal, Pekalongan, Semarangponcol, Semarangtawang, Cepu, Bojonegoro.
  • Daop 5 Purwokerto: Purwokerto, Kroya, Cilacap, Kutoarjo.
  • Daop 6 Yogyakarta: Yogyakarta, lempuyangan, Solobalapan.
  • Daop 7 Madiun: Madiun, Kertosono, Kediri, Jombang.
  • Daop 8 Surabaya: Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Sidoarjo, Malang, Mojokerto, Blitar.
  • Daop 9 Jember: Banyuwangi Baru, Kalibaru, Jember, Probolinggo, Pasuruan.

  1. Mengisi formulir pembatalan

Anda dapat melakukan refund tiket kereta api dengan mengisi formulir pembatalan terlebih dahulu. Formulir ini dapat diperoleh di masing-masing loket pembatalan di setiap stasiun. Jangan lupa untuk membawa kelengkapan berupa Kartu Tanda Penduduk asli/foto copy dan bukti pembayaran yang mencantumkan kode booking. Ketika Anda berhalangan hadir untuk memproses pembatalan tiket, maka dapat diwakilkan oleh orang lain. Kelengkapan yang harus dibawa oleh wakil Anda tersebut adalah surat bermaterai dan KTP asli pemilik tiket.

  1. Validasi pembatalan tiket

Setelah semua data Anda isikan secara lengkap, maka selanjutnya serahkan formulir tersebut untuk divalidasi petugas. Selanjutnya, petugas akan memberikan copy-an formulir tersebut kepada Anda untuk pengambilan biaya tiket secara tunai.

  1. Pengambilan bea tiket

Ketika mengambil biaya tiket Anda wajib menyerahkan copy formulir yang telah divalidasi dan KTP asli. Anda wajib untuk melampirkan surat kehilangan dari pihak kepolisian apabila formulir ini hilang. Kemudian, jika refund yang akan dilakukan lebih dari satu tiket maka dapat diwakilkan oleh salah satu dari pemegang tiket. Jangka waktu pengembalian biaya tiket adalah 30 hari terhitung sejak pembatalannya.

Sungguh sayang, liburan yang Anda rencanakan harus dibatalkan. Begitu juga dengan tiket yang Anda pesan juga harus di refund. Nah, keempat tips di atas merupakan langkah yang dapat Anda terapkan dalam proses refund tiket kereta api. Jadi, Anda tidak akan mengalami kerugian jika mengurusnya dengan tepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *