Cara Cek Tarif dan Mengirimkan Barang Melalui Jasa Ekspedisi Dengan Aman

Cek tarif atau ongkos kirim perlu dilakukan setiap hendak mengirimkan barang melalui jasa ekspedisi. Setiap jasa ekspedisi menerapkan tarif yang berbeda, tergantung berat barang, jaraknya dari daerah pengirim (misal: Surabaya ke Jakarta, dsb) serta transportasi yang digunakan. Biasanya semakin dekat tujuan pengiriman barang, tarif yang diberikan semakin rendah. Segera cek tarif pengiriman anda ke tujuan yang diinginkan.

Cara Mengirimkan Barang Melalui Jasa Ekspedisi Dengan Aman

Di Indonesia terdapat berbagai jasa ekspedisi yang menawarkan kelebihan serta bisa diandalkan, terutama untuk urusan bisnis. Akan tetapi, bila menginginkan barang bisa terkirim dengan aman dan diterima pelanggan dalam kondisi yang baik  perlu persiapan tertentu, seperti:

  1. Mengenali syarat dan ketentuan dari perusahaan ekspedisi. Itu berguna untuk mengetahui langkah apa yang ditempuh jasa ekspedisi apabila terjadi cacat atau kerusakan pada barang.
  2. Menggunakan perlindungan ekstra. Apabila barang yang dikirim berupa produk fashion, seperti celana, baju dan sebagainya, Anda tidak perlu khawatir karena ketahanan produk tersebut membuatnya tidak rusak selama di perjalanan. Tapi, bila mengirimkan produk elektronik, seperti handphone, laptop dan sejenisnya memerlukan asuransi atau perlindungan ekstra yang dapat berupa kotak kayu, bubble wrap, styrofoam box dan sebagainya.
  3. Membuat kebijakan dengan konsumen. Jasa ekspedisi hanya jembatan antara pengirim dan penerima. Jadi, ada baiknya Anda mempersiapkan kebijakan tentang tindakan apa yang harus dilakukan apabila barang rusak atau tidak sampai ke tangan konsumen sama sekali. Semakin detail kebijakan yang dibuat, Anda akan terbebas dari masalah-masalah yang ditimbulkan oleh hal tersebut di masa depan.
  4. Tindakan yang perlu dilakukan pengirim apabila barang rusak. Anda bisa mengirimkan produk pengganti, meminta maaf dengan tulus kepada penerima dan menyuruhnya untuk mengklaim asuransi.

 

Jaminan dan asuransi adalah dua hal yang diperlukan apabila Anda ingin barang diterima pelanggan dalam kondisi bagus. Meskipun terkadang ada jasa ekspedisi yang menambahkan ongkos kirim untuk kedua fasilitas itu, lebih baik Anda membayarnya demi keselamatan barang di perjalanan. Jangan lupa melakukan cek resi sebelumnya agar mengetahui berapa biaya yang dibebankan pada Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *