Belum Banyak yang Tahu, Memakai Sepeda Lipat Haruslah Menerapkan Hal Ini!

Sepeda memang sekarang ini mulai kembali populer di kalangan masyarakat Indonesia, yang dimana dijadikan sebagai sarana olahraga atau pun sekedar bermain saja. Berbagai jenis sepeda pun bisa Anda pilih dan dapatkan dengan mudah melalui situs jual beli online terpercaya yang menjualnya dengan harga yang sangat terjangkau. Salah satu jenis sepeda yang sekarang ini sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia, terutama dewasa mudanya adalah sepeda lipat. Sepeda ini banyak dipilih karena sangat mudah untuk digunakan dan mudah untuk dibawa mau pun disimpan. Pastinya sepeda ini juga mampu Anda gunakan sebagai alat transportasi atau sekedar untuk bermain saja. Namun, ternyata untuk menggunakannya Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini agar sepeda juga semakin awet dan tahan lama, yaitu:

1. Jalan Rata
Ketika Anda memutuskan untuk membeli jenis sepeda ini entah langsung dari toko sepeda mau pun dari situs jual beli online, pastikan untuk mengetahui jenis medan yang bisa dilewati oleh sepeda tersebut mau pun yang tidak bisa. Ketika dirancang, sepeda ini memang hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan, yang dimana jalanannya relatif datar dan dilapisi oleh aspal. Oleh karena itu, perlu Anda ingat untuk tidak menggunakannya pada medan atau jalanan yang menanjak mau pun menurun, bahkan yang bebatuan atau digunakan untuk melakukan beberapa trik freestyle.

2. Jalanan yang Mulus
Selain diperuntukkan bagi masyarakat kota yang kebanyakan memiliki jalanan yang rata dan dilapisi oleh semen, nyatanya sepeda lipat lebih baik digunakan di jalan yang mulus juga. Meski jalanan di perkotaan rata, namun khususnya di kota seperti Jakarta sering kali ditemukan berbagai rintangannya seperti adanya lubang, polisi tidur, dan lain sebagainya. Lebih baik menghindari jalanan yang memiliki rintangan tersebut dan memilih jalan yang mulus. Jika terlalu sering digunakan untuk melewati jalan tersebut, maka sepeda pasti akan lebih cepat rusak karena jenis ini tidak memiliki shock pada bagian depannya.

3. Tempat Kotor
Jika Anda ingin menggunakan sepeda yang dibeli dengan belanja online dan meski harganya lebih terjangkau dibanding dengan membelinya di tempat lain, maka Anda harus memperhatikan tempat dimana Anda menggunakan sepeda tersebut. Akan lebih baik untuk menghindari melintasi jalan yang kotor dan juga berlumpur. Pastinya dengan menghindari jalanan tersebut, maka sepeda pun akan lebih tahan lama dan juga lebih awet. Hal ini pastinya tidak akan membuat Anda boros untuk mengeluarkan uang lebih demi memperbaiki sepeda atau pun membelinya yang baru di situs belanja online.

4. Mencuci dengan Baik
Mencuci sepeda memang dibilang sebagai salah satu cara untuk membuat sepeda menjadi lebih awet dan juga tahan lama. Sepeda yang bersih juga membuat para penggunanya merasa lebih nyaman dan percaya diri. Namun, perlu diingat bahwa saat mencuci, lebih baik tidak menyemprot air secara keras dan juga deras. Hal tersebut dapat membuat air masuk ke dalam komponen melalui sela-selanya dan bisa mengakibatkan karat.

Itulah beberapa hal yang harus Anda terapkan ketika menggunakan sepeda lipat untuk berpergian atau pun untuk bermain-main saja. Meski Anda sudah bisa mendapatkannya dengan mudah dan juga mendapat harga yang terjangkau, namun Anda harus tetap menjaga serta merawatnya jika tidak mau mengeluarkan uang yang lebih dan membuat Anda tidak bisa berhemat. Perhatikan setiap jalanan yang Anda lewati dan juga perhatikan ketika akan mencuci sepeda tersebut karena hal tersebut berpengaruh besar dalam keawetannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *