Apa Perbedaan BPJS Ketenagakerjaan Dengan Jamsostek?


            Beberapa orang mungkin belum mengetahui perbedaan yang terletak antara BPJS ketenagakerjaan dengan jamsostek. Kedua hal tersebut sebenarnya sama. Jamsostek adalah nama lama asuransi pekerja yang pada saat ini berubah menjadi BPJS kesehatan. Asuransi kesehatan yang ditujukan bagi pekerja tersebut nantinya dapat digunakan sebagai jaminan kesehatan pekerja yang bekerja di suatu perusahaan. Biasanya sudah menjadi kewajiban perusahaan tersebut untuk mendaftarkan pekerjanya sebagai salah satu nasabah asuransi ketenagakerjaan BPJS. BPJS ketenagakerjaan tentu saja sangat membantu setiap pekerja sehingga mereka tidak perlu lagi memikirkan biaya yang harus mereka tanggung untuk kesehatan mereka.

            Masih sama seperti jamsostek. Pada BPJS ketenagakerjaan sendiri terdapat salah satu fasilitas yang digunakan pada waktu pensiun nanti, yaitu Jaminan Hari Tua. Biasanya dana jaminan hari tua tersebut akan diserahkan pada saat pekerja di suatu perusahaan tersebut sudah mencapai waktu pensiun. Jaminan hari tua tersebut nantinya dapat dimanfaatkan bagi setiap pekerja yang sudah pensiun tersebut untuk membuka usaha atau pun untuk bersenang senang menikmati masa tua.

Namun akan lebih baik jika dipakai untuk berusaha saja. Dana jaminan hari tua sendiri berasal dari pemotongan gaji setiap bulan, sehingga dana tersebut merupakan uang tabungan jangka panjang milik pekerja sendiri. Memang gaji mereka dipotong, tetapi potongan gaji tersebut akan dinikmati oleh mereka sendiri suatu saat nanti. Namun ada satu hal yang belum diketahui banyak orang mengenai dana jaminan hari tua tersebut. Dana tersebut ternyata dapat dipantau atau di cek oleh setiap pekerja sendiri. Bagi yang penasaran dengan total dana yang telah mereka kumpulkan dapat melakukan beberapa hal berikut untuk cek saldo jamsostek atau pun BPJS ketenagakerjaan.

  • E-saldo JHT

            Sebenarnya fitur ini memang sudah disediakan oleh pihak bpjs, tetapi banyak orang yang belum mengetahuinya. Untuk melakukan pengecekan melalui e-saldo. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi halaman website bpjs ketenagakerjaan. Setelah itu ikutilah prosedur yang ada seperti memasukkan identitas diri atau sebagainya. Selanjutnya maka aka nada perintah lebih lanjut dan saldo pun dapat dilihat. Cara tersebut cukup simple karena dapat dilakukan melalui smartphone.

  • BPJSTK Mobile

            Bagi yang tidak ingin susah-susah memasukkan data diri setiap ingin melakukan pengecekan dana jaminan hari tua pada bpjs masing-masing. Menggunakan aplikasi bpjstk adalah solusinya. Aplikasi ini dapat diunduh secara langsung melalui toko aplikasi di smartphone masing-masing. Jika tidak ada, dapat mengunjungi halaman bpjs ketenagakerjaan terlebih dahulu untuk mendownloadnya secara manual. Setelah terinstall maka pengguna langsung dapat masuk dengan memasukkan data diri mereka dan juga informasi mengenai bpjs masing-masing. Caranya tidak sulit dan instruksi yang diberikan sangat mudah untuk dipahami. Setelah itu maka pengguna dapat melakukan pengecekan saldo setiap saat tanpa harus memasukkan berbagai identitas setiap kali ingin melakukan pengecekan.

            Jaminan hari tua tersebut nantinya dapat digunakan sebagai modal untuk membangun usaha di masa tua. Syukur syukur jika masih memiliki pemasukan di hari tua. Namun dengan mengandalkan jaminan hari tua biasanya akan sedikit sulit apa bila ingin membangun usaha. Maka dari itu solusinya adalah melakukan pinjaman. Dengan modalkita.com yang merupakan website penyedia jasa pinjaman secara online dapat memberikan pinjaman dengan syarat mudah dan cicilan sebesar 0%. Tentu jenis pinjaman tersebut sangat menggiurkan bagi siapa saja dan cocok untuk modal membangun usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *