3 Jenis Investasi Bodong yang Perlu Dihindari

Banyaknya investasi bodong yang hadir saat ini membuat calon investor resah. Mereka pun jadi sangat selektif memilah mana investasi yang aman dan tepat.

Walau investasi bodong ini bisa dikatakan bukan lagi hal baru, namun korbannya tetap saja ada. Bahkan kerugiannya pun cukup besar, bisa ratusan juta hingga miliaran per orang. Hal ini biasanya disebabkan akibat kurangnya pemahaman dan pengenalan risiko dari investasi itu sendiri. Jadi para investor ini pun menginvestasikan dana mereka pada tempat yang salah.

Untuk meningkatkan kewaspadaan Anda terhadap penipuan berkedok investasi ini, kami sajikan beberapa model investasi bodong seperti berikut.

Investasi penggandaan uang

Mungkin Anda pernah melihat kasus-kasus kriminal yang tayang di televisi mengenai korban yang tertipu investasi penggandaan uang. Korban atau investor diiming-imingi hasil yang besar dari penggandaan uang tersebut. Awalnya kegiatan ini meyakinkan, namun setelah investor menanamkan dana lebih besar lagi, si perusahaan atau lembaga tersebut menghilang tanpa kabar.

 

Investasi emas palsu

Pada penipuan ini, pelaku biasanya akan mengiming-imingi korban dengan keuntungan yang sangat besar dan berkali lipat. Nantinya korban diminta menyetorkan sejumlah dana investasi lalu ditukarkan dengan emas. Emas yang ditawarkan bentuknya bisa perhiasan, batangan, dan juga koin. Apapun bentuknya, emas ini adalah palsu yang terbuat dari logam kuningan biasa. Harganya pun cukup murah jauh dibanding dengan emas asli.

Investasi agrobisnis

Pada investasi ini, investor diminta menanam dana dengan dalih untuk pembiayaan lahan. Investor akan tertarik dan percaya karena pelaku memberikan proposal terkait dengan bisnis perkebunan ini. Dari situ, investor akan menerima surat kepemilikan lahan. Dalam perencanaannya, lahan akan dikelola dan ditanami, sehingga nanti investor akan menerima keuntungannya. Namun pada praktiknya, lahan tersebut sebenarnya tidak pernah ada, apalagi keuntungannya. Dana investasi dan pelaku pun menghilang tanpa jejak.

Gunakan investasi yang aman seperti MEKAR. Mengapa MEKAR? Karena selain aman dan terpercaya, MEKAR menawarkan investasi pada usaha kecil seperti membantu para pelaku UKM dalam permodalannya. Jadi investasi ini memiliki dampak sosial yang positif bagi investor maupun peminjam modal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *